Cara Masuk Kedalam Sebuah Folder Menggunakan Terminal di Ubuntu

Pada Tulisan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit tutorial Bagaimana masuk kadalam sebuah folder dengan menggunakan terminal yang terdapat pada ubuntu. Langkah ini biasa digunakan pada saat seseorang ingin menginstall sebuah software baik yang berbasis dependensi maupun berbasis file kompresi seperti zip, tar.bz atau yang lainnya.

Mungkin bagi anda yang baru saja mengenal sistem operasi linux akan sedikit terkendala pada proses intalasi karena sebagian petunjuk intalasi tidak menjelaskan bagaimana cara masuk kedalam sebuah folder yang didalamnya terdapat file instalasi yang ingin kita jalankan. Dan di luar sana juga masih banyak para penulis artikel linux yang memberikan cara instalasi sebuah software tapi tidak menjelaskan bagaiamana caranya masuk kedalam folder yang dimaksud. Hal ini sangatlah wajar, karena masuk kedalam sebuah folder dengan menggunakan terminal merupakan pengetahuan dasar para user linux yang wajib diketahui dan menulis sebuah artikel seperti tutorial bukanlah hal yang mudah jadi mereka memangkas artikel mereka dan menulis inti dari artikel yang ingin di bagikan.

Maka dari itu saya menulis artikel khusus tentang Bagaimana Masuk Kedalam Sebuah Folder Menggunakan Terminal di Ubuntu. Untuk mempersingkat Artikel kita akan langsung saja ketopik pembahasan. Ikutilah langkah-langkah dibawah ini.

Langkah Pertama
Tentukanlah direktori folder tujuan yang ingin anda masuk dan didalamnya terdapat file yang ingin anda eksekusi. Misalnya pada artikel ini saya berikan contoh : saya ingin menginstall sebuah software pemutar musik yaitu Audacious. sebelumnya saya sudah mendownload file-file instalasinya yang berbentuk dependensi atau file .deb. File-file ini saya letakkan dalam sebuah folder yang saya beri nama Audacious dan saya letakkan pada direktori DATA /DATA / AUDACIOUS. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :


Langkah Kedua
Buka Terminal dengan cara menekan kombinasi CTRL+ALT+T atau Menu Klik Application --> Accessories --> Terminal.


Langkah Ketiga
Sebelum saya lanjutkan sedikit saya informasikan lokasi file saya tersebut terdapat pada lokasi partisi harddisk yang terpisah dari direktori linux atau home folder, dalam hal ini partisi saya bernama DATA jadi anda harus menyesuaikan dengan komputer atau laptop anda.
Untuk masuk kedalam direktori partisi ini anda ketikkan perintah berikut :
cd /media


"/media" merupakan lokasi tempat partisi berada. Semua media penyimpanan yang ada pada komputer seperti partisi Harddisk, FlasDisk, Memory Card, akan berapa pada direktori ini.
untuk melihat isi dalam direktori ketikkan perintah berikut :
ls


jika kita menggunakan explorer (nautilus) langkah ini akan terlihat seperti gmbar dibawah ini : hanya saja pada tutorial ini kita menggunakan mode text atau CLI maka hanya dalam bentuk text saja.



Untuk melanjutkan masuk kedalam sub folder didalam partisi tesebut perintahnya sama seperti perintah pertama yang kita ketikkan tadi yaitu menggunakan "cd /nama folder yang dituju" misalnya cd DATA/DATA/AUDACIOUS.

Sebagai catatan untuk mempersingkat perintah anda cukup mengetikkan perintah seperti berikut ini :
cd /media/DATA/DATA/AUDACIOUS


PERHATIAN
  • lokasi direktori folder harus anda sesuaikan dengan lokasi folder di komputer/laptop anda
  • kegagalan bisanya terjadi karena ketidaktelitian dalam menulis nama folder jadi silahkan periksa baik-baik apakah nama foldernya sudah sama dengan yang tertera pada jendela Explorer (nautilus)
  • Penggunaan huruf besar dan kecil sangatlah berpengaruh. jika nama folder atau file yang ingin di ekseskusi mengunakan huruf besar atau kecil, ini juga harus disesuaikan dengan perintah yang kita ketikkan di terminal

KESIMPULAN
  • perintah "cd" digunakan untuk menuju/masuk kesebuah direktori
  • perintah "ls" digunakan untuk melihat isi didalam sebuah direktori


TAMBAHAN
  • Pada saat pertama sekali anda membuka terminal lokasi defaultnya adalah direktori "home". Pada saat jendela terminal pertama sekali terbuka coba anda ketikkan "ls" anda pasti akan langsung dapat melihat isi dari direktori "home" anda. jadi jika lokasi folder instalasi berada pada direktori "home" anda cukup mengetikkan perintah cd /nama folder yang di tuju.

Sekian Ulasan dari saya semoga bermanfaat. jika bahasa yang saya gunakan sedikit susah dimengerti harap maklum saya baru belajar menulis. jangan lupa komentarnya ya....(^_^)
Terima Kasih Telah Berkunjung
Andrian Saputra

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar

Blogger Templates by x-cube