OCR - Optical Character Recognition


Pada artikel kali ini saya akan mereview sebuah software untuk sistem operasi ubuntu yang berfungsi sebagai conversi gambar menjadi tulisan. Atau untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasan yang saya kutip dari Wikipedia dibawah ini :

Pengenalan karakter optis (bahasa Inggris: optical character recognition, yang biasa disingkat OCR) adalah alat mekanis atau elektronik yang digunakan untuk menerjemahkan tulisan tangan ataupun naskah (ke)tikan (biasanya dipindai menggunakan pemindai) menjadi teks yang dapat disunting dengan suatu aplikasi komputer.
(Wikipedia)

Software-software berikut bersifat CLI atau berbasis text yang harus dijalankan menggunakan terminal. Namun anda jangan khawatir linux menyediakan sejuta kemudahan, kita dapat menggunakan software tambahan untuk memudahkan dalam penggunaannya.

Berikut 3 buah software yang saya rekomendasikan :

  • ocrad
  • gocr
  • tesseract-ocr
Sebagai catatan ketiga software diatas sudah tersedia dalam repositori ubuntu.

Jika anda senang dalam pengoperasian berbasis text untuk menjalankannya, dalam contoh ini saya menggunakan software gocr cukup dengan mengetik "gocr nama file.format file" contoh : gocr scan.png. dengan catatan file berada pada directori home atau anda sudah mengarahkan kedirektori file berada.

Namun jika anda kesulitan dengan menggunakan mode CLI, anda dapat menginstall sebuah software lagi yaitu "OCRFEEDER" dan anda dapat menggunakan dalam mode GUI serta dapat menjalankan ketiga software diatas hanya dengan klik-klik saja.

Sekian review dari saya semoga bermanfaat ^_^


Terima Kasih Telah Berkunjung
Andrian Saputra

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan komentar

Blogger Templates by x-cube